manfaat usg ginjal 081802309000

manfaat usg ginjal 081802309000 – apa itu ultrasound ginjal?
ultrasound (usg) ginjal merupakan mekanisme pengambilan gambar non-invasif yg menentukan & menilai kondisi ginjal dan organ yg terkait seperti kandung kemih & ureter, yang juga dikenal menjadi sonografi ginjal,. usg ginjal dilakukan menjadi tes inspeksi buat mendeteksi kista, tumor, gundukan cairan, batu ginjal, abses, dan infeksi pada pada ginjal atau pada lebih kurang ginjal. tes ini jua bisa dilakukan buat membantu pada menempatkan jarum buat biopsi (pengambilan sampel jaringan dibawah mikroskop sang ahli patologi), dalam menempatkan tabung penyalur, dan pada pengeringan abses atau cairan dari kista. terakhir, usg ginjal jua dapat dilakukan buat mengetahui aliran darah ke ginjal melalui pembuluh darah & arteri ginjal.

jika tidak memiliki stigma bawaan, normalnya setiap orang memiliki dua ginjal, satu pada setiap sisi bagian belakang perut (panggul). ginjal ukuran sebesar satu kepalan tangan insan, setiap ginjal memainkan peran akbar dalam penyaringan darah.

dikarenakan darah tersebar pada semua tubuh, memberikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel yg berbeda. pada saatnya, sel melepaskan zat buangan, yang diubah sebagai urin yang dikeluarkan sang tubuh. selama daur, darah melewati ginjal, yang memiliki nefron, sistem penyaringan darah yg terpusat. selain penyaringan darah buat racun & zat buangan, ginjal jua mengontrol jumlah natrium & air dalam tubuh, dua komponen penting dari keseimbangan elektrolit.

walaupun terkadang ginjal nir berfungsi & kehilangan kemampuan buat menyaring darah; contohnya, kemungkinan gagal buat mengatur jumlah sodium, yang dapat mengakibatkan tekanan darah naik. jika kondisi ini nir diperbaiki, zat buangan berlebih akan menumpuk dalam darah, membiarkan tubuh dalam lingkungan beracun.

karena terdapat dua ginjal & perubahan sanggup sebagai sangat halus, seorang dapat kehilangan sampai 90% dari fungsi organ sebelum mengalami tanda-tanda perkara misalnya sakit, perubahan buang air kecil, urin berdarah, indolen, dan tekanan darah abnormal. saat gejala ini muncul, energi medis profesional umumnya merekomendasikan usg ginjal.

siapa yang membutuhkan perawatan ini & output yg ditawarkan
sebuah usg ginjal bisa direkomendasikan buat orang dengan:

nyeri pinggang – ad interim poly hal yang dapat menyebabkan rasa sakit di sayap (lebih kurang area punggung bawah), pula mungkin bahwa ginjal yg rusak atau adanya batu ginjal mengakibatkan itu. usg seksama dapat menemukan ginjal, & menilai syarat secara keseluruhan.

perubahan dalam urin – galat satu indikasi adanya perkara ginjal adalah perubahan pada urin. sebuah usg ginjal bisa direkomendasikan bila pasien mengalami terlalu sedikit urin bahkan bila kandung kemih terasa penuh atau apabila pasien menggunakan kencing jumlah sedikit lebih sering. mekanisme ini pula dilakukan saat urin mengandung darah.

kreatinin tinggi – kreatinin yg dari berdasarkan kreatin, yaitu sebuah molekul yg dipakai oleh otot buat membentuk tenaga, dapat diukur menggunakan tes darah. bila kreatinin adalah melebihi batas normal, hal itu mungkin memperlihatkan adanya masalah menggunakan ginjal.

penyakit ginjal – tumor dan kista dapat berkembang pada ginjal yg menyebabkan syarat akut atau kronis. beberapa pasien pula memperoleh gangguan ginjal herediter misalnya penyakit ginjal polikistik. dengan adanya kondisi ini, usg ginjal pun terjamin.

transplantasi ginjal – transplantasi ginjal merupakan galat satu operasi yang paling generik dilakukan pada seluruh global. ginjal baru harus terus dipantau karena mereka rentan terhadap penolakan atau penyakit.

lantaran prosedur non-invasif, umumnya aman dan nir menyakitkan. tergantung dalam output ujian, dokter yang mendiagnosis dapat mengajukan tes tambahan buat mengkonfirmasi output inspeksi atau merumuskan planning perawatan individual.

cara kerja usg ginjal
nir seperti jenis berdasarkan usg yg lain, usg ginjal nir memerlukan persiapan khusus. pasien nir harus berpuasa atau mengirimkan sampel urin. mekanisme ini umumnya dilakukan di rumah sakit. pasien akan diminta buat melepaskan seluruh aksesoris sebelum menggunakan pakaian lab & berbaring pada meja inspeksi. pasien mungkin diminta buat berbaring telentang atau menyamping buat memudahkan menemukan ginjal.

sebuah jel dingin kemudian dioleskan pada objek usg sebelum transduser (benda yg terlihat seperti tongkat) dipindahkan ke wilayah posisi ginjal, menghantarkan gelombang bunyi. gelombang kemudian memantul oleh organ dan struktur misalnya otot dan jaringan hingga gambar ginjal bisa ditinjau secara real time dalam monitor.

semua tes membutuhkan setidaknya 20 mnt. gambar yg diperoleh dapat dicetak, disimpan secara digital, & dikirim ke dokter, yang akan menginterpretasikan hasil.

kemungkinan komplikasi dan risiko
karena tubuh nir terkena radiasi & prosedur itu sendiri merupakan non-invasif, risiko komplikasi sangat rendah. namun jika ada, hal tersebut umumnya tergolong kecil. contohnya, berbaring pada meja inspeksi untuk beberapa waktu bisa menyebabkan kecemasan dan ketidaknyamanan, selain itu beberapa pasien bahkan bisa terkena iritasi atau reaksi alergi terhadap jel yang dipakai.

faktor-faktor eksklusif seperti adanya gas pada usus dan obesitas bisa menaruh output yang nir meyakinkan atau tidak akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need Help? Chat with us