T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Pagi yang cerah pada Selasa, 27 Oktober 2015 civitas RS Islam Jakarta Pondok Kopi bersemangat menanti kehadiran surveyor akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit ( KARS ). Jajaran direksi dan tim selamat datang menyambut kehadiran surveyor sejak dari lobby al falaah sampai dengan ruang pertemuan RS Islam Jakarta Pondok Kopi.

Survei Akreditasi yang dilaksanakan pada 27 – 29 Oktober 2015  merupakan komitmen  RS Islam Jakarta Pondok Kopi dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien . Sesuai dengan Undang-undang No.44 Tahun 2009, pasal, 40 ayat 1, menyatakan bahwa, dalam  upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali. Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Adapun tujuan akreditasi rumah sakit adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang semakin selektif dan berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu melalui :

1.   Pemenuhan standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan.

2.   Standar akreditasi sifatnya berupa suatu persyaratan yang optimal dan dapat dicapai. Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit.

Sedangkan Tujuan secara khusus diharapkan melalui proses akreditasi rumah sakit dapat :

  1. Meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit menitik beratkan sasarannya pada keselamatan pasien dan mutu pelayanan
  2. Menyediakan lingkungan kerja yang aman dan efisien sehingga staf merasa puas
  3. Mendengarkan pasien dan keluarga mereka, menghormati hak-hak mereka, dan melibatkan mereka sebagai mitra dalam proses pelayanan
  4. Menciptakan budaya mau belajar dari laporan insiden keselamatan pasien
  5. Membangun kepemimpinan yang mengutamakan kerja sama. Kepemimpinan ini menetapkan prioritas untuk dan demi terciptanya kepemimpinan yang berkelanjutan untuk meraih kualitas dan keselamatan pasien pada semua tingkatan.

Surveyor akreditasi dari Komite Akreditasi Rumash Sakit ( KARS) yang datang ke RS Islam Jakarta Pondok Kopi adalah Dr.C.Prabani Setiodrestiono,SpB-KBD sebagai surveyor medis sekaligus coordinator surveyor ,  Dr.Aris Munandar,MMR,MBA selaku surveyor manajemen , dan Anak Agung Sri Agung Adilatri,SKep,Ners,MM sebagai surveyor keperawatan . Agenda survei telah dimulai pada 26 oktober malam bertempat di Hotel Santika Harapan Indah , tim surveyor menjelaskan tentang kode etik dan proses survei yang akan berlangsung pada esok hari .

Survei pada hari pertama dimulai dengan pembukaan dan perkenalan yang dilanjutkan dengan presentasi sirektur utama , dr.H.Denny P MAchmud, SpTHT yang menyampikan tentang profile Rumah sakit Islam Jakarta Pondok Kopi serta program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang telah di laksanakan di RS Islam Jakarta Pondok Kopi dan pencapainnya. Acara dilanjutkan dengan telaah dokumen dan telusur lingkungan dan kunjungan ke unit kerja .

Pada hari kedua kegiatan survei simulai dengan klarifikasi hasil temuan hari petama yang dilanjutkan dengan telusur Personal serta presentasi dari komite medis tentang clinical pathway dr.H. Mursid Bustami, SpS dan presentasi panitia PMKP  oleh dr.Fitriyanti.

Survei hari ketiga dimulai kembali dengan klarifikasi temuanhari kedua dilanjutkan denga wawancara pimpinan dengan tim surveyor dan dilanjutkan telusur personal . Pada akhir acara para surveyor memberikan edukasi dan kesimpulan dari kegiatan survei yang dilakukan selama 3 hari tersebut . Beberapa rekomendasi diberikan dan menjadikan bahan perbaikan yang sangat berarti . Adapun hasil dari survei tersebut masih menunggu waktu dan akan disampiakan oleh Komite Akreditasi Rumash Sakit pada 2 minggu kedepan. Teruslah maju RS ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI .

AKREDITASI DI DADAKU , RSIJPK KEBANGGAANKU

KU YAKIN PELAYANANNYA BERMUTU