T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

MCU/Medical Check Up haji umroh menjadi salah satu persyaratan utama bagi calon jamaah yang hendak melakukannya. Kesehatan memang hal yang wajib diperhatikan, terlebih untuk Anda yang hendak bepergian ke luar negeri seperti ini. Jangan sampai ibadah Anda menjadi terkendala gara gara kondisi kesehatan yang tidak mendukung.

Selain hal tersebut, ternyata ada beberapa alasan lain yang mendasari kenapa MCU calon jamaah umrah atau haji ini begitu penting. Salah satunya tentu untuk mengantisipasi terjadinya persebaran penyakit yang menular. Bisa juga untuk menghindari potensi penyakit kambuhan saat sedang berada di tanah suci.

Lepas dari hal ini, pemerintah Saudi Arabia memang memberikan standar khusus, terkait kesehatan calon jamaah haji dan umrah yang hendak datang. Karenanya pemerintah kemudian menjadikan MCU/Medical Check Up haji umroh ini sebagai salah satu syarat utama pemberangkatan haji. Hanya mereka yang memenuhi kriteria saja yang mendapatkan ijin untuk terbang.

Apa Saja yang Diperiksa Saat MCU Haji Umroh?

Saat Anda mengikuti tes pemeriksaan kesehatan calon haji umroh, ada banyak hal yang akan diperiksa. Tujuannya adalah memaksimalkan hasil uji MCU itu sendiri. Semakin detail aspek yang mendapatkan pemeriksaan, tentu akan semakin akurat pula hasil yang diperoleh. Dengan pemeriksaan yang menyeluruh ini, potensi Anda untuk berangkat haji akan jauh lebih besar lagi.

Hal pertama yang harus Anda lewati adalah pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter umum. Kemudian hal ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan melalui Elekrto Kardio Grafi ( EKG) dan foto toraks atau foto dada. Dari kedua hasil test ini, gambaran besar hasil MCU/Medical Check Up haji umroh milik Anda sudah bisa terlihat.

Akan tetapi, ada juga yang harus berlanjut pada level pemeriksaan laboratorium. Di lab sendiri, pengecekan yang dilakukan biasanya mencakup pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan SGOT, pemeriksaan Kreatinin, ureum dan asam urat, pemeriksaan kolesterol total, pemeriksaan Trigliserida hingga pemeriksaan urine lengkap.

Waktu Pengecekan Kesehatan/MCU Dilakukan

Berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pusat Kesehatan Haji, MCU/Medical Check Up haji umroh ini wajib dilakukan setidaknya tiga kali selama masa pendaftaran hingga kepergian. Dalam dunia keberangkatan haji, hal ini dikenal dengan Istita’ah atau kondisi dimana seorang calon jamaah berada dalam kondisi kesehatan fisik, mental dan rohani yang kuat.

Pengecekan kesehatan pertama biasanya dilakukan di klinik atau puskesmas terdekat di wilayah Anda. Hal ini wajib Anda lakukan sesaat setelah Anda mendapatkan porsi keberangkatan haji. Setelah Anda melakukan pengecekan pertama, Anda bisa melakukan tahap pengecekan selanjutnya. Pengecekan tahap kedua ini dilakukan paling maksimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan ke tanah suci.

Tahap terakhir dari MCU/Medical Check Up haji umroh ini dilakukan menjelang hari keberangkatan. Tes kesehatan terakhir ini biasanya dilakukan dalam lingkungan bandara embarkasi. Tujuannya untuk mengetahui kelayakan jamaah yang hendak berangkat haji. Status kelayakan Anda akan ditentukan pada saat pengecekan terakhir ini.

Biaya yang Harus Dikeluarkan Saat MCU Haji Umroh

Untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam pengecekan kesehatan akan tergantung pada lokasi Anda melakukannya. Tak jarang, ada juga paket haji dan umroh yang sudah memasukkan biaya uji kesehatan ini ke dalam biaya jasa mereka. Jadi Anda tidak perlu mempersiapkan dana secara mandiri. Hanya saja berdasarkan sumber yang bisa dipercaya, biaya total untuk pengecekan kesehatan ini berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

Tips Agar Lolos MCU Haji Umroh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar lolos MCU/Medical Check Up haji umroh ini. Tentunya hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan sedini mungkin, konsumsi makanan sehat secara teratur. Jangan lupa, jadikan olahraga sebagai rutinitas Anda. Tak perlu olahraga yang berat, olahraga ringan juga akan sangat membantu meningkatkan kualitas kesehatan.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi kepada dokter ahli terkait masalah kesehatan Anda. Pengecekan secara rutin kepada ahlinya bisa menghindarkan Anda dari potensi penyakit serius. Tapi yang terpenting, rajinlah berdoa kepada Allah SWT agar segala keperluan Anda dalam proses pemberangkatan haji ini berjalan dengan lancar. Tentunya MCU/Medical Check Up haji umroh ini juga termasuk di dalamnya.