T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

MCU/Medical Check Up Karyawan merupakan pengecekan kesehatan yang perusahaan lakukan untuk melakukan penyeleksian. Hal ini dilakukan baik terhadap calon karyawan, ataupun karyawan yang sudah bekerja lama di perusahaan tersebut. Tujuannya sangat baik, diantaranya adalah untuk mendeteksi dan mengidentifikasi gangguan kesehatan karyawan sejak dini. Terlebih untuk gangguan kesehatan yang rentan dipicu oleh kondisi lingkungan kerja.

Perlu diketahui, MCU ini merupakan program yang dicanangkan perusahaan dibawah naungan Departemen HSE (Health, Safety and Environment). Dengan pengecekan kesehatan seperti ini, perusahaan bisa mengetahui kondisi aktual dari kesehatan karyawan di lingkungan kerja mereka. Dengan melihat kondisi kesehatannya, perusahaan juga bisa memperkirakan kapasitas karyawan mereka saat bekerja.

Tentunya hal ini menjadi sangat penting, pasalnya seringkali bekerja di perusahaan bisa memicu terjadinya penyakit berat. Contohnya jika Anda bekerja di perusahaan kimiawi, ada banyak zat kimia yang berpotensi terhirup dan bisa menyebabkan penyakit. Demi mengantisipasinya, MCU/Medical Check Up ini wajib untuk diterapkan sedini mungkin.

Berbagai Manfaat dari Medical Check Up Karyawan

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari pengecekan kesehatan karyawan. Terlebih jika dilakukan secara rutin dalam tempo tertentu oleh perusahaan. Seperti yang kita tahu, tujuan utama dari pengecekan kesehatan satu ini adalah untuk mengetahui kondisi aktual dari kesehatan para karyawan. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari MCU tersebut.

Pertama, perusahaan bisa melihat dengan baik bagaimana kapasitas seorang pekerja dari sudut pandang beban kerja. Dengan memperhatikan ini secara detail, kinerja karyawan akan jauh lebih maksimal dan memenuhi ekspektasi perusahaan. Terlebih lagi, penempatan yang tepat akan mampu menghindarkan karyawan itu sendiri dari kecelakan kerja.

Selain itu, ada manfaat lainnya dari MCU/Medical Check Up ini. Salah satunya adalah untuk mengetahui penanganan awal yang harus dilakukan, agar penyakit yang diderita karyawan bisa diantisipasi. Dengan penerapan yang terus menerus, hal ini bisa meningkatkan kesadaran karyawan untuk mengaplikasikan K3 dalam kehidupan sehari hari.

Mengapa MCU/Medical Check Up Karyawan Harus Dilakukan?

Seringkali orang bertanya kenapa pengecekan kesehatan harus dilakukan oleh para karyawan. Padahal mereka merasa masih sanggup untuk bekerja meskipun berada dalam kondisi kesehatan yang tidak maksimal. Ternyata alasan utama perusahaan melakukan hal ini adalah adanya resiko lingkungan kerja di dalam perusahaan itu sendiri.

Seperti kita ketahui setiap perusahaan memiliki bidang pekerjaannya masing-masing. Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kesehatan terhadap karyawan yang bekerja di dalamnya. Seperti misalnya pada perusahaan yang memproduksi bahan bahan kimiawi. Zat kimia dan aditif lain yang ada pada perusahaan bisa membahayakan kesehatan karyawan itu sendiri.

Tak hanya bahan kimia saja, ada juga bahaya yang bisa mengancam fisik. Contohnya adalah kebisingan suara mesin di tempat kerja yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran, atau bahkan gangguan penglihatan yang dipicu oleh tidak maksimalnya intensitas penerangan di tempat kerja. Masih ada banyak alasan lain dan itulah pemicu utama yang membuat perusahaan mewajibkan MCU/Medical Check Up terhadap para karyawan.

Beberapa Jenis MCU Karyawan yang Sering Dilakukan

Perlu diketahui, ada beberapa jenis MCU yang seringkali dilakukan terhadap para karyawan. Salah satu diantaranya adalah pre-employment MCU. Jenis medical satu ini biasanya diakukan ketika perusahaan hendak merekrut karyawan baru. Tujuannya seperti yang sudah kita bahas diatas, yakni untuk menganalisa kondisi kesehatan dari calon karyawan itu sendiri dan melihat kesiapannya untuk bekerja.

Selain itu, ada juga MCU/Medical Check Up karyawan berkala. Jenis MCU satu ini biasanya dilakukan terhadap para karyawan yang sudah bekerja di dalam perusahaan itu sendiri. Jenis MCU satu ini biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Namun ada juga beberapa perusahaan yang melakukannya setiap 6 bulan. Tujuan dari medical Check Up jenis ini juga sama, yakni melihat kondisi kesehatan dari karyawan dengan mempertimbangkan faktor resiko yang ada di tempat kerja.

Jenis MCU yang terakhir adalah MCU Khusus. Biasanya jenis medical check up satu ini diberlakukan bagi pekerja tertentu saja. Misalkan pekerja yang sudah berusia lanjut, pekerja disabilitas, atau pekerja pada golongan tertentu seperti misalnya pilot, commercial driver, dan para pekerja offshore.

Apapun jenisnya, pengecekan kesehatan secara berkala sangatlah penting, karena bisa memperlihatkan kondisi kesehatan aktual Anda. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para pekerja saja, tapi juga untuk Anda yang berada di rumah. Lakukan MCU/Medical Check Up secara rutin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.