T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

MSCT (Multislice Computed Tomography) hampir sama dengan CT Scan yang berguna untuk mengetahui informasi kesehatan pasien. Metode pemeriksaan ini memiliki informasi dengan tingkat akurasi sangat tinggi, terlebih pada organ tubuh manusia yang bergerak, seperti jantung.

Pemeriksaan menggunakan metode ini dapat dijalankan dengan sangat cepat dan menyediakan gambaran diagnosis yang lebih baik. Hasil dari pemeriksaan ini berupa gambar dengan resolusi sangat tinggi sehingga terlihat jelas dan akurat. Banyak kelainan ataupun gangguan pada organ tubuh yang dapat dideteksi dengan menggunakan alat ini.

Tindakan pemeriksaan menggunakan alat ini terhitung sangat canggih. Tingkat sensitivitas alat sangat tinggi terhadap organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, telinga, tulang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, segala penyakit pada organ tersebut dapat dengan mudah diketahui.

Kegunaan MSCT (Multislice Computed Tomography)

Pemeriksaan dengan metode ini memiliki kegunaan untuk pemeriksaan organ penting pada tubuh manusia. Organ-organ tersebut adalah:

  • Perut dan Panggul

Tim medis dengan mudah mengetahui kelainan ataupun penyakit yang berada di perut dan panggul, termasuk terjadinya infeksi ataupun mengetahui penyebab rasa sakit yang diamali oleh pasien.

  • Kepala

Bagian kepala manusia dapat diperiksa dengan menggunakan alat ini. Dengan begitu, diagnosis berupa kelainan akibat cedera ataupun indikasi tumor dan kanker dapat ditampilkan dengan jelas. Selain itu, alat ini mampu mendeteksi stroke yang menyerang pasien.

  • Bagian Usus

Banyak sekali jenis-jenis penyakit yang berada di usus, seperti polip usus, infeksi usus, dan kanker usus. MSCT (Multislice Computed Tomography) dapat dengan mudah mengetahui penyakit tersebut.

  • Organ Paru-Paru

Penyakit paru-paru berupa kelainan pada organ pernafasan, kanker, dan nodul pada paru-paru merupakan penyakit yang berbahaya. Untuk mengetahui penyebab penyakit tersebut, tim medis bisa melakukan pemeriksaan dengan alat ini.

  • Jantung

Jika terserang penyakit jantung, kesehatan seseorang akan menurun sangat drastis. Untuk mengetahui plak pada pembuluh darah tidak cukup dengan cek darah saja, tetapi juga dapat dilakukan dengan menggunakan MRCT.

  • Arteri coroner

MSCT (Multislice Computed Tomography) dapat mendeteksi kelainan pada arteri coroner, seperti mendiagnosis penumpukan kalsium atau plak. Jika sudah terdeteksi dengan jelas, tim medis dapat melakukan tindakan paling tepat.

Prosedur MSCT (Multislice Computed Tomography)

Untuk melakukan pemeriksaan menggunakan alat ini maka pasien harus melakukan beberapa persiapan. Tim medis akan mengarahkan dan mendampingi pasien selama pemeriksaan sehingga memudahkan pemindaian penyakit dengan menggunakan alat ini. Misalnya ingin melakukan pemeriksaan jantung maka tubuh anda harus dalam kondisi sehat.

Hal terpenting sebelum pemeriksaan menggunakan alat ini ialah memastikan bahwa denyut jantung kurang dari tujuh puluh kali per menit. Jadi, pemeriksaan dan juga pembacaan hasil pemeriksaan bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Ada beberapa kondisi tertentu ketika pasien perlu diberikan beta-blocker sebelum melakukan pemeriksaan.

Prosedur pemeriksaan menggunakan alat ini terbilang singkat. Area pemindahan juga sangat luas sehingga dapat mengumpulkan informasi kesehatan jantung hanya dalam hitungan detik saja. Akan tetapi, pemeriksaan menggunakan MSCT (Multislice Computed Tomography) juga memiliki efek sampi, yaitu berkaitan dengan radiasi yang perlu ditinjau kembali.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pemeriksaan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi medis dan juga riwayat kesehatan anda. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan dampak yang diakibatkan ataupun komplikasi yang mungkin muncul akibat pemeriksaan menggunakan alat ini.

Pasien akan diminta oleh dokter untuk berpuasa sebelum dilakukan pemeriksaan serta berganti pakaian dengan baju khusus yang diberikan oleh petugas. Untuk menjalankan prosedur ini anda diwajibkan untuk melepas seluruh benda yang menempel pada tubuh anda terutama benda-benda logam.

Anda juga perlu memberitahukan kepada dokter jika sedang hamil ataupun memiliki alergi. Alat tersebut merupakan alat canggih sehingga tidak setiap rumah sakit menyediakannya. Alat ini hanya dimiliki oleh beberapa rumah sakit besar saja. Untuk melakukan pemeriksaan dengan alat ini, anda bisa membuat janji dengan dokter spesialis dan mengonsultasikannya.

Pemeriksaan menggunakan prosedur ini memang dirasa lebih baik dibanding dengan CT Scan. Akan tetapi, perlu dilakukan tinjauan lebih dalam agar dapat meminimalkan dampak negatif menggunakan alat MSCT (Multislice Computed Tomography).