T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Endoskopi adalah prosedur untuk melihat kondisi organ tubuh tertentu. Endoskopi dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan untuk menunjang beberapa tindakan medis, seperti operasi dan pengambilan sampel jaringan untuk biopsi

 

Perkembangan beberapa jenis penyakit di dalam tubuh sering kali tidak terlihat dan tidak terasa, maka melakukan pemeriksaan endoscopy sangat diperlukan. Pemeriksaan yang mendalam ini tentu saja menjadi salah satu bantuan pencegahan yang sangat optimal. Apalagi jika Anda melakukannya lebih awal untuk mendeteksi adanya perkembangan penyakit.

 

Tentu saja prosedur ini harus dilakukan oleh dokter yang memang sudah ahli di bidangnya. Berbagai macam organ bisa diperiksa menggunakan alat khusus ini. Semakin awal Anda melakukan pemeriksaan ini maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh, apalagi untuk beberapa jenis penyakit yang berbahaya.

 

Melakukan pemeriksaan endoscopy bisa dilakukan di berbagai rumah sakit, terutama yang memang sudah besar dan memiliki alat lengkap. Sehingga Anda bisa langsung datang ke sana untuk meminta melakukan proses pemeriksaan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan skrining secara lebih akurat terkait perkembangan penyakit yang mungkin terjadi di dalam tubuh.

 

Ada berbagai alasan yang memang perlu Anda pertimbangkan dengan baik, mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan mendalam menggunakan alat ini. Tentunya untuk mencegah perkembangan dari berbagai penyakit dan mencari pengobatan atau penanganan yang tepat, untuk penyakit yang sedang berkembang di dalam tubuh Anda sedini mungkin.

 

Berkenalan dengan Pemeriksaan Endoscopy

 

Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam organ tubuh, sehingga dokter atau tenaga ahli bisa melihat secara jelas kondisi dari organ tubuh yang ingin diperiksa. Beberapa organ yang biasanya dilakukan pemeriksaan ini adalah saluran kemih, pencernaan, pernapasan, hingga rahim. Tentunya dengan alat ini proses pemeriksaan menjadi lebih jelas.

 

Ada berbagai jenis pemeriksaan endoscopy yang dibedakan berdasarkan keluhan atau organ yang ingin diperiksa. Misalnya saja artroskopi untuk memeriksa masalah sendi, kolposkopi untuk usus besar, gatroskopi untuk saluran pencernaan, atau ERCP untuk pankreas dan empedu. Masing-masing memiliki prosedurnya sendiri untuk melakukan proses pemeriksaan.

 

Alat untuk melakukan pemeriksaan ini dinamakan endoskop yang seperti selang, lentur, dan sudah dilengkapi dengan senter dan kamera. Alat ini langsung dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengambil gambar dari organ yang ingin diperiksa kondisinya. Tentu saja alat ini sudah pasti aman digunakan oleh tenaga ahli yang melakukan proses pemeriksaan pada tubuh Anda.

 

Anda tidak perlu khawatir karena proses ini tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun memang untuk sebagian jenis endoscopy harus melakukan anastesi terlebih dahulu demi keamanan. Prosedur ini juga bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 15-16 menit, tidak terlalu lama untuk mengetahui kondisi organ yang sudah ditentukan sebelumnya untuk dilakukan pemeriksaan.

 

Perlu Dilakukan Endoscopy Sebelum 50 Tahun

 

Semakin bertambah usia seseorang tentunya kondisi tubuh juga semakin menurun. Maka ada banyak perkembangan penyakit yang bisa terjadi pada tubuh selama usia senja. Tentunya hal ini terkadang tidak disadari oleh Anda, karena merasa hal tersebut adalah sesuatu yang biasa terjadi karena bertambahnya usia.

 

Maka dokter menyarankan untuk melakukan endoscopy untuk orang yang sudah mulai memasuki usia 50 tahun, terutama untuk saluran pencernaannya. Hal ini tentunya penting dilakukan sebagai skrining untuk adanya masalah kesehatan pada bagian saluran pencernaan tersebut di usia senja. Tentu saja jangan sampai Anda menyepelekan setiap gejalanya.

 

Proses pemeriksaan juga bisa dilakukan untuk organ yang lain jika memang ada keluhan yang dirasakan. Dengan begitu, tindakan yang diambil tentunya bisa tepat karena disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda masing-masing. Kesalahan dalam penanganan bisa diminimalisasi sebaik mungkin menggunakan alat ini sebagai proses deteksinya.

 

Di Jepang, pemeriksaan menggunakan alat khusus ini menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Hal tersebut dikarenakan adanya angka kejadian kanker kolon yang cukup tinggi, sehingga harus ada penanganan sejak dini untuk meminimalisasi adanya risiko yang lebih besar. Karena tidak diketahui sejak awal perkembangan masalah pencernaan tersebut. Maka Anda juga bisa melakukannya untuk mencegah kondisi yang parah pada tubuh.

 

Banyak dokter yang mengatakan bahwa dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat ini, maka pengobatan juga bisa menjadi lebih cepat dan efektif. Dokter juga bisa langsung melihat apa yang terjadi dalam organ tubuh pasiennya melalui endoscopy, serta memutuskan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah pada organ tersebut.

whatsapp-png-image-9