T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

cara-menurunkan-gula-darah

Menjaga gula darah supaya tetap stabil memang bukan hal yang mudah. Terlebih bagi Anda yang gula darahnya telanjur tinggi sampai terkena diabetes. Namun sebetulnya, mempertahankan gula darah normal itu tidak melulu harus menjauhi makanan manis atau pantangan lainnya, kok. Lantas, bagaimana cara menurunkan gula darah yang mudah dan tidak bikin stres?

Bagaimana cara menurunkan gula darah tinggi?

1. Rajin memantau kadar gula darah

berbagai-hal-tak-terduga-yang-menyebabkan-naik-turun-gula-dara-701x467

Salah satu kunci terpentingnya adalah cek gula darah Anda secara rutin. Tak hanya sekadar mengukur, tapi jangan lupa juga dicatat supaya Anda bisa memantau perubahannya setiap hari.

Perhatikan juga gejala-gejala diabetes yang mungkin Anda alami seperti gampang haus, mulut terasa kering, dan sering buang air kecil.

2. Atur pola makan

6-Bahan-Makanan-untuk-Menurunkan-Kadar-Gula-Darah-700x467

Gula darah tinggi umumnya disebabkan oleh jenis makanan Anda sehari-hari. Mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, indeks glikemik tinggi, atau kurang serat.

Maka itu, yuk, atur lagi pola makan Anda. Salah satu contohnya dengan mengganti nasi putih dengan kentang rebus yang indeks glikemiknya lebih rendah.

Bisa juga dengan memperbanyak asupan serat dari gandum, sayuran, atau buah-buahan. Namun, jangan langsung makan banyak, ya! Gunakan prinsip “makan sedikit tapi sering” ketimbang “langsung banyak dalam sekali makan”.

3. Olahraga rutin

menjaga-gula-darah-normal-700x467

Tidak lengkap rasanya bila Anda sudah mengatur pola makan sebaik mungkin, tapi mengabaikan olahraga. Jangan salah, olahraga termasuk cara menurunkan gula darah yang ampuh, lho!

Olahraga dapat membantu meningkatkan kontraksi otot dan mengubah gula darah menjadi energi. Tetap bergerak aktif juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membuat gula darah Anda tetap stabil.

4. Hindari stres

Tak bisa dipungkiri bahwa kadar gula yang tinggi sering kali bikin kita jadi stres dan frustasi. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa semakin Anda stres, gula darah Anda justru makin meningkat, lho!

Tubuh akan memproduksi banyak hormon glukagon dan kortisol saat sedang stres. Nah, hormon-hormon inilah yang menyebabkan kadar gula darah melonjak drastis.

Cobalah untuk pergi jalan-jalan, mendengarkan musik, atau sekadar latihan pernapasan untuk menghalau stres. Lambat laun, kadar gula darah Anda akan tetap stabil setiap hari.

5. Tidur cukup

Dilansir dari Healthline, kurang tidur ternyata juga dapat menaikkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin. Bukan cuma berisiko memicu diabetes, hal ini juga bisa bikin Anda cepat gemuk.

Maka itu, hindari kebiasaan begadang dan pastikan Anda tidur cukup setiap hari. Dengan tidur minimal 7-8 jam setiap malam, tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan terhindar dari risiko diabetes.