T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Menderita penyakit batu ginjal, akan memberikan rasa sakit yang luar biasa, terlebih banyak penderita yang menggambarkan bahwa sakit yang dirasakan sudah selayaknya sakit ditusuk pisau atau sakit seperti saat melahirkan. Tak jarang, batu ginjal akan menganggu banyak aktivitas dan mobilitas para pengidapnya, seperti deadline yang tertunda dikarenakan harus menahan sakitnya atau menunda acara bersama keluarga karna sakit perut yang diakibatkan oleh batu ginjal tak kunjung reda. Batu ginjal ini bisa terbentuk diorgan dalam perut karena endapan mineral pada saluran kencing yang dimulai dari Kristal mikroskopis yang menumpuk menjadi ukuran lebih besar dalam jangka waktu yang lama.

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam pengobatan batu ginjal, mulai dari pengobatan alternatif atau herbal yang telah diwariskan turun-temurun, seperti menggunakan kumis kucing, meniran hijau, buah delima dan mentimun. Hingga menggunakan alat kesehatan berteknologi tinggi, yaitu ESWL (Extracorporeal Shockwave lithotripsy).

ESWL merupakan prosedur terapi yang sudah terbukti efektif, aman dan tanpa operasi untuk penyakit batu ginjal (nephrolithiasis), sesuai dengan pertimbangan klinis dari dokter spesialis urologi. Dalam prosesnya sendiri, ESWL bukan bekerja untuk pengambilan batu ginjal yang ada di dalam tubuh, tetapi lebih kearah pengiriman gelombang kejut untuk memecah batu menjadi partikel-partikel kecil hingga berukuran < 1 mm. Dengan ukuran sekecil ini, batu ginjal yang telah dipecahkan dengan teknologi ESWL akan dikeluarkan bersamaan dengan air seni melalui saluran kencing.

ESWL menjadi salah satu terapi yang difavoritkan pasien dibeberapa negara. Hal ini dikarenakan prosesnya yang dilakukan tanpa sayatan pada kulit, sehingga tidak membutuhkan penangan observasi yang lama seperti pasca operasi. Proses ESWL pun tergolong singkat, hanya dengan membutuhkan waktu 1-2 jam saja, dan setelah itu pasien yang telah diterapi dapat melanjutkan aktivitasnya kembali.

Dikarenakan keefektivitasan dan keefisienan teknologinya, RS Islam Jakarta Pondok Kopi membuka pelayanan terapi ESWL untuk membantu setiap pengidap batu ginjal yang ingin segera sehat dari penyakitnya. Pelayanan ESWL di RS Islam Jakarta Pondok Kopi menerima pasien dengan penjamin BPJS/Non BPJS, dan pelayanan ESWL yang telah dibuka sejak awal bulan Maret tahun 2021 ini sudah membantu banyak pengidap batu ginjal lewat

terapi ESWL untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga tanpa harus khawatir lagi akan rasa sakit pada pinggang. RS Islam Jakarta Pondok Kopi juga membuka layanan tanya jawab terkait terapi ESWL, yaitu dengan menekan tombol WhatsApp pada bagian bawah website ini agar terhubung langsung dengan customer service RS Islam Jakarta Pondok Kopi atau menghubungi kontak +628 1802309000 (WhatsApp).