T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Corona Virus di Indonesia

Penderita yang terinfeksi corona virus di Indonesia masih terus terjadi peningkatan yang menandakan penularan penyakit ini masih terjadi di masyarakat . Tercatat lebih dari 33 provinsi di Indonesia terdapat pasien yang terinfeksi corona virus . 

Apa itu coronavirus?

Corona virus yang menginfeksi tubuh manusia akan menyebabkan penyakit pada salluran nafas , Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus dapat menyebakan infeksi seriaus seperti  Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). COVID-19 merupakan coronavirus jenis baru yang menginfeksi dan menjadi pandemic di dunia . COVID-19 pertama kali terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.


 

Apa saja gejala COVID-19?

Gejala-gejala COVID-19 yang perlu kita kenali adalah :

  • Demam
  • Rasa lelah / letih
  • Batuk kering  , pada beberapa orang  mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek,
  • Ssakit tenggorokan
  • Gangguan pernafasan seperti sesak

 

Sebagian besar (sekitar 80%) orang yang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 6 orang yang terjangkit COVID-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernapas. Orang-orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes, punya kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius.

Bagaimana cara COVID-19 menyebar?

COVID-19 dapat menyebar melalui percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terjangkit COVID-19 batuk atau mengeluarkan napas. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulutnya, dapat terjangkit COVID-19.


Apakah COVID-19 dapat menular dari orang yang tidak menunjukkan gejala?

 

Cara utama penyebaran penyakit ini adalah melalui percikan saluran pernapasan yang dihasilkan saat batuk. Risiko penularan COVID-19 dari orang yang tidak ada gejala sama sekali sangatlah rendah. Namun, banyak orang yang terjangkit COVID-19 hanya mengalami gejala-gejala ringan, terutama pada tahap-tahap awal.

 

Apa yang dapat saya lakukan untuk melindungi diri saya dan mencegah penyebaran penyakit ini?

Beberapa langkah pencegahan untuk  mengurangi risiko terinfeksi atau menyebarkan COVID-19 dengan cara :

1. Seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alcohol untuk membunuh virus di tangan Anda.

2. Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin untuk menghindari terhirup percikan ini.


3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut karena tangan yang terkontaminasi dapat membawa virus ini ke mata, hidung atau mulut, yang dapat menjadi titik masuk virus ini ke tubuh Anda sehingga Anda menjadi sakit.

4. Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda mengikuti etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu bekas tersebut.
5. Tetaplah tinggal di rumah , langkah ini juga melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

6. Tetap ikuti informasi terbaru tentang hotspot-hotspot COVID-19 (kota atau daerah di mana COVID-19 menyebar luas) dan upayakan hindari bepergian ke tempat-tempat tersebut .

 

Bila muncul gejala segera hubungi fasilitas layanan kesehatan atau hotline COVID-19 untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Unit Laboratorium RS Islam Jakarta Pondok Kopi :

 

Telp :021-29809000 / 021-8630654   Ext : 2104

 

Marketing : 021-29809000 / 021-8630654   Ext : 1319

 

                  Etty Suharty  0818142112

 

 

Disarikan dari berbagai sumber :

 

$1·          https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/situation-reports

 

$1·          https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

 

virus-corona-indonesia17