T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Agd salah satu indikator mutu rumah sakit islam

Salam satu komitmen manajemen RS Islam Jakarta Pondok Kopi dan program mutu guna keselamatan pasien , RS Islam Jakarta Pondok Kopi memiliki indicator mutu yang secara kontinu di monitoring . Analisa Gas Darah menjadi indicator laboratorium yang di monitoring . AGD adalah suatu pemeriksaan melalui darah arteri dengan tujuan mengetahui keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, mengetahui kadar oksigen dalam tubuh dan mengetahui kadar karbondioksida dalam tubuh. 


Pemeriksaan AGD dilakukan pada pasien dengan indikasi :

  • Pasien dengan penyakit  obstruksi paru kronik , yaitu penyakit paru obstruktif kronis yang ditandai dengan adanya hambatan aliran udara pada saluran napas yang bersifat progresif non reversible ataupun reversible parsial.
  • Pasien dengan edema pulmo . Pulmonary edema terjadi ketika alveoli dipenuhi dengan kelebihan cairan yang merembes keluar dari pembuluh-pembuluh darah dalam paru sebagai gantinya udara. Ini dapat menyebabkan persoalan-persoalan dengan pertukaran gas (oksigen dan karbon dioksida), berakibat pada kesulitan bernapas dan pengoksigenan darah yang buruk. Adakalanya, ini dapat dirujuk sebagai "air dalam paru-paru" ketika menggambarkan kondisi ini pada pasien-pasien.
  • Pasien akut respiratori distress sindrom (ARDS)
  • Infark miokard
  • Pneumonia  
  • Pasien syok
  • Post pembedahan coronary arteri baypass
  • Resusitasi cardiac arresgan ht

Interpretasi Hasil Analisa Gas Darah (AGD) dilakukan untuk evaluasi pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan untuk mengetahui status asam basa. Pemeriksaan dan Interpretasi Hasil Analisa Gas Darah (AGD) ini dapat dilakukan pada pembuluh darah arteri untuk melihat keadaan pH, paCO2, paO2, dan SaO2.  Interpretasi ini dijadikan sebagai dasar oleh dokter dalam menegakkan diagnose  pasien serta memberikan terapi .

Standar pemeriksaan AGD yang dilakukan di RS Islam Jakarta Pondok Kopi adalah 15 menit yang berasal dari Instalsi Gawat Darurat . Monitoring yang dilakukan pada januari 2016 sd September 2016 sebagiman dalam grafik di bawah ini .

Analisa Gas Darah

Perbaikan dilakukan untuk peningkatan mutu melalui PDSA dengan prioritas pengambilan sample serta memberikan fasilitas speed dial telepon untuk petugas laboratorium yang mobile ke ruangan –ruangan perawatan .