T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

DINAMIKA RAMADHAN 1437 Hijriah

DINAMIKA RAMADHAN 1437 Hijriah

Ciptakan Keluarga Tangguh tuk Lahirkan Pemimpin yang berkualitas dan Islami

Sesuai dengan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah  NOMOR:01/MLM/I.0/E/2016 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1437 Hijriah. Dalam Maklumat penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum Abdul Mu'ti tersebut, awal Ramadan akan dimulai pada 6 Juni 2016 dan Idul Fitri atau tanggal 1 Syawal 1437 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016, dan Idul Adha bertepatan pada hari Senin 12 September 2016 yang sesuai dengan hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1437 Hijriah. Pemerintahpun menetapkan awal ramadhan pada 6 Juni 2016  dan seluruh umat muslim di Indonesia melaksanakan puasa ramadahan mulai Senin , 6 Juni 2016 .

Peristiwa Ramadhan merupakan peristiwa satu tahun sekali yang dapat dijadikan sebagai momentum untuk penggugah rasa untuk menghadirkan suasana ramadhan di masyarakat. Ramadhan sendiri diambil dari akar kata yang berarti ‘membakar’ atau ‘mengasah’. Dinamai demikian karena pada bulan ini dosa-dosa manusia pupus, habis terbakar, akibat kesadaran dan amal sholihnya selama bulan Ramadhan atau disebut demikian karena bulan tersebut dijadikan sebagai wahana untuk mengasah dan mengasuh jiwa manusia.

Ramadhan adalah bulan istimewa dimana Allah membuka lebar-lebar pintu untuk kita bisa membersihkan dosa dan kesalahan yang telah dilakukan, dan untuk melewatinya kita harus melakukan puasa Ramadhan sebulan penuh dengan landasan iman dan ikhlas. Sesungguhnya Allah swt telah menjadikan bulan Ramdhan sebagai bulan yang paling mulia dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya sehingga disebut Syaidusyyuhur penghulu semua bulan, dan hanya bulan Ramadhan yang Allah swt sebutkan secara eksplisit dikataklan dalam Al-Qur'an. Karena keistimewaan inilah Allah swt mewajibkan shaum kepada kaum muslimin pada bulan Ramdhan.

Sebagai seorang mukmin sudah seharusnya kita menjadikan bulan ramadhan sebagai syahrut Tazawwud Ruhy ( bulan pembekalan keimanan/mentalitas spiritual). Membekali diri dengan bekal keimanan dengan sebanyak-banyaknya, melakukan amal kebajikan, meningkatkan kualitas ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunnah. Untuk mengaplikasikan hal tersebut tidak terlepas dari kondisi di sekeliling kita, dimana kita tinggal dan beraktifitas. Dan menjadikan kewajiban kita sebagai kaum muslimin untuk menciptakan lingkungan yang kondusif agar ramadhan yang kita jalankan memberikan sebuah atsar atau dampak yang positif bagi individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Berangkat dari landasan pemikiran tersebut, DINAMIKA RAMADHAN adalah kegiatan rutin yang dilaksnaakan di RS Islam Jakarta Pondok Kopi yang ditujukan secara umum  untuk :

  1. Menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat   untuk mendekatkan dan menemukan kembali fitrah manusia.
  2. Memakmurkan mesjid tercinta, masjid Baitusy Syifa RSIJ Pondok Kopi
  3. Mengajak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memakmurkan masjid serta mempererat Ukhuwah Islamiyah.
  4. Meningkatkan semangat ke-Islaman dan memperdalam syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Fasthabiqul Khoirat.

Sedangkan tujuan khusus kegiatan Dinamika Ramahdan adalah untuk mensyiarkan Dienul Islam di lingkungan masyarakat serta pembelajaran umat dalam upaya menumbuhkan semangat kecintaan terhadap kebaikan dengan berlandaskan pada nilai – nilai :

  1.  “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. at-Taubah: 18)
  2. Hai orang orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (Q.S. 2 : 183)
  3. Rasulullah bersabda : Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan niscaya akan diampuninya segala dosanya yang telah lalu. (HR. Imam Nasai’e, Ibn Majah, Ibn Hibban dan Baihaqi)
  4. Rasulullah bersabda : Apabila telah tiba Ramadhan, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu neraka dan diikat semua setan.
  5. Rasulullah bersabda : Bagi Siapa yang mendirikan sholat di Malam Lailatul Qadr dengan tulus hati dan berharap pahala dari Allah, kemudian semua dosa-dosa yang lalu akan dimaafkan, dan bagi siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan tulus hati dan berharap pahala dari Allah, kemudian semua dosa-dosa yang lalu akan dimaafkan. (Abu Huraira).

Kegitan Dinamika Ramadhan yang bertempat di Masjid Baitusy Syifa RS Islam Jakarta Pondok Kopi di isi dengan :

  1. KAJIAN SIRAH pada setiap Senin yang membahas tentang kepimpinan dari para nabi sebagai pembelajaran bagi masyarakat muslim
  2. KAJIAN TAFSIR pada setiap hari Selasa yang membedah Al Qur’an dan hadist teatng kepimpinan dan keluarga
  3. KAJIAN TSAQOFAH pada setiap Rabu yang mengkaji secara umum terhadap persoalan yang ada di masyarakat terkait kepemimpinan dan keluarga
  4. KAJIAN PARENTING pada setiap Kamis yang membahas secara khusus  tentang keluarga untuk dapat melahirkan pemimpin pemimpin yang tangguh
  5. ITIQAF pada 10 hari terakhir dengan fasilitas mendapat makan sahur dan snack malam serta kajian iqtikaf mulai pukul 21.00 sd 22.30 wib , dilanjutkan dengan ibadah mandiri ( tilawah / sholat sunah ).

Marilah kita isi ramadhan ini dengan penuh keimanan agar kita mendapatkan ampunan ALLAH SWT . aamiin.  

- See more at: http://rumahsakitislam.com/news/212.html#sthash.UtmlL7Vj.dpuf