T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Rontgen Panoramic

WhatsApp-Image-2020-02-11-at-101555

Klinik Gigi Estetika

flyergigi

Biasanya bau mulut akan menjadi kurang sedap saat melakukan puasa. Hal ini disebabkan oleh keadaan mulut yang tidak dimasuki makanan atau minuman selama beberapa waktu. Lalu, tindakan apa yang dapat dilakukan agar puasa tetap lancar dan mulut dan gigi tetap sehat dan terhindar dari bau mulut? “Selama berpuasa, produksi saliva (air liur) sangat sedikit akibat sedikitnya asupan makanan. 

Untuk melakukan perawatan sedikit lebih ekstra dalam menjaga kebersihan gigi saat puasa.  Kita juga bisa menambahnya dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi atau floss, dan obat kumur.

Berikut tips perawatan gigi :

$11.      Raih semua bagian gigi dengan sikat. Pastikan menyikat semua bagian gigi. Menyikat gigi dibagi 3 bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dan permukaan gigi yang mengunyah.

$12.      Jangan langsung berkumur. Setelah menyikat gigi, jangan langsung berkumur. Karena berkumur pada dasarnya akan membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasta gigi, sehingga penggunaan pasta gigi jadi tidak maksimal hasilnya. Baiknya tunggu hingga 5-10 menit, baru Anda boleh berkumur.

$13.      Gunakan benang gigi (dental floss). Sambil menunggu efek kerja fluoride pasta gigi agar bekerja maksimal, Anda bisa membersihkan gigi menggunakan benang khusus yang mampu membasmi sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi, karena kebanyakan fungsi sikat    kurang bisa menjangkau ke sela-sela tertentu bagian gigi.

Begini cara pemakaiannya:   Ambil 20-30 cm benang atau pita gigi, pegang ke dua ujungnya sehingga ada sisa benang yang berguna untuk membersihkan.Taruh dan letakan benang di antara sela gigi dan ke daerah antara gigi dan gusi. Angkat dengan gerakan naik turun di antara masing-masing gigi, untuk mengeluarkan sisa makanan dan plak.

$14.      Gunakan obat kumur. Setelah menyikat dan membersihkan gigi telah usai, kini saatnya Anda bisa menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride untuk dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Pilih cairan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Anda pun bisa menggunakannya di waktu sahur, guna mendapatkan aroma dan wangi yang segar pada mulut Anda.

Konsultasikan kesehatan Gigi Anda dengan dokter Gigi yang berkompeten. Jadwal Klinik Gigi RS Islam Jakarta Pondok Kopi pada hari Senin - Sabtu (jadwal klinik Gigi pada slide 2)

Informasi lebih lanjut hubungi :

021-86603432, 021-8610471

Ext 3129, 3107, 3108

 

jadwaldoktergigi

Vaksin International

VAKSINHAJIUMROH

Indikator Mutu Area Klinis RS Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2018

Peningkatan mutu dan pengembangan rumah sakit adalah komitmen yang harus tetap dijaga melalui monitoring dan evaluasi dari indicator mutu rumah sakit . Indikator mutu rumah sakit adalah ukuran kuantitatif yang diukur untuk lebih memahami mutu pelayanan di rumah sakit.

Indikator dirancang dengan seksama dengan mempertimbangkan dimensi mutu yang ingin diukur, cara pengumpulan data, dan strategi analisisnya guna mendapatkan kualitas pelayanan yang bermutu. Indikator mutu dirancang untuk dapat melakukan efesiensi dalam summber daya , mendapatkan yang hasil lebih akurat serta pengambilan keputusan di tingkat sistem mikro maupun sistem makro yang lebih strategis. Berikut beberapa indikator yang dinilai adalah Indikator area manajemen (IAM) , Indikator area Klinis ( IAK ) pada tahun 2018 sbb :

1.    Angka Kejadian Infeksi Aliran Darah di ruangan SCN / NICU

Salah satu pencapaian untuk indicator area klinis di RS Islam Jakarta Pondok Kopi adalah tidak ditemukannya angka kejadian infeksi aliran darah di ruangan pelayanan SCN dan NICU pada tahun 2018. Kualitas pengendalian infeksi dan perawatan pada bayi yang baik mendukung tercptanya kualitas perawatan bayi yang diindikasikan dengan tidak ditemukannya angka kejadian infeksi aliran darah

grafik 1

 

Grafik 1. Monitor Pencapaian angka kejadian Infeksi Aliran Darah di Ruang SCN/NICU

2.    Inisiasi Menyusui Dini

Indikator area klinis lainnya yang dimonitoring adalah kepatuhan penerapan inisiasi menyusui dini kepada bayi baru lahir dengan pencapaian tahun 2018 meningkat . Angka kepatuhan tahun 2018 adalah 100 % yang menunjukkan komitment bagi petugas , ibu dan bayi sangat tinggi untuk melakukan kepatuhan terhadap inisiasi menyusui dini .Berdasarkan data pembanding dengan RS SWASTA lain dengan rata pencapaian 95 %, pencapaian IMD di RSIslam Jakarta Pondok Kopi lebih baik .

grafik 2

Grafik 2. Angka kepatuhan penerapan Insiasi Menyusui Dini Pada BBLR tahun 2018.

3.    Kepatuhan Perawatan Metode Kangguru

Selain itu untuk perawatan bayi juga di monitoring indicator pelayanan untuk perawatan metode Kangguru dengan angka kepatuhan sebesar 87,8 % yang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2017 .

grafik 3

 

Grafik 3. Trend kepatuhan melaksanakan PMK pada BBLR

4.    Ketidakpatuhan Pelaporan Nilai Kritis

Indikator area klinis lainnya adalah monitoring terhadap ketidakpatuhan pelaporan nilai kritis laboratorium dimana pasa tahun 2018 angka ketidakpatuhan adalah tidak ada yang berarti semua petugas telah melaporkan nilai kritis yang ditemukan sesuai prosedur pelayanan .

grafik 4

 

Grafik 4. Angka ketidakpatuhan Pelaporan hasil kritis laboratorium

Selain keempat indicator diatas masih terdapat Indicator yang di monitoring secara berkala sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab kualitas mutu pelayanan kesehatan.

Page 1 of 2