T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Klinik Gigi Estetika

flyergigi

Biasanya bau mulut akan menjadi kurang sedap saat melakukan puasa. Hal ini disebabkan oleh keadaan mulut yang tidak dimasuki makanan atau minuman selama beberapa waktu. Lalu, tindakan apa yang dapat dilakukan agar puasa tetap lancar dan mulut dan gigi tetap sehat dan terhindar dari bau mulut? “Selama berpuasa, produksi saliva (air liur) sangat sedikit akibat sedikitnya asupan makanan. 

Untuk melakukan perawatan sedikit lebih ekstra dalam menjaga kebersihan gigi saat puasa.  Kita juga bisa menambahnya dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi atau floss, dan obat kumur.

Berikut tips perawatan gigi :

$11.      Raih semua bagian gigi dengan sikat. Pastikan menyikat semua bagian gigi. Menyikat gigi dibagi 3 bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dan permukaan gigi yang mengunyah.

$12.      Jangan langsung berkumur. Setelah menyikat gigi, jangan langsung berkumur. Karena berkumur pada dasarnya akan membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasta gigi, sehingga penggunaan pasta gigi jadi tidak maksimal hasilnya. Baiknya tunggu hingga 5-10 menit, baru Anda boleh berkumur.

$13.      Gunakan benang gigi (dental floss). Sambil menunggu efek kerja fluoride pasta gigi agar bekerja maksimal, Anda bisa membersihkan gigi menggunakan benang khusus yang mampu membasmi sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi, karena kebanyakan fungsi sikat    kurang bisa menjangkau ke sela-sela tertentu bagian gigi.

Begini cara pemakaiannya:   Ambil 20-30 cm benang atau pita gigi, pegang ke dua ujungnya sehingga ada sisa benang yang berguna untuk membersihkan.Taruh dan letakan benang di antara sela gigi dan ke daerah antara gigi dan gusi. Angkat dengan gerakan naik turun di antara masing-masing gigi, untuk mengeluarkan sisa makanan dan plak.

$14.      Gunakan obat kumur. Setelah menyikat dan membersihkan gigi telah usai, kini saatnya Anda bisa menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride untuk dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Pilih cairan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Anda pun bisa menggunakannya di waktu sahur, guna mendapatkan aroma dan wangi yang segar pada mulut Anda.

Konsultasikan kesehatan Gigi Anda dengan dokter Gigi yang berkompeten. Jadwal Klinik Gigi RS Islam Jakarta Pondok Kopi pada hari Senin - Sabtu (jadwal klinik Gigi pada slide 2)

Informasi lebih lanjut hubungi :

021-86603432, 021-8610471

Ext 3129, 3107, 3108

 

jadwaldoktergigi

MILAD KE-32 RS ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI

RS Islam Jakarta Pondok Kopi, merupakan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatanyang pada Rabu, 12 Desember 2018berusia 32 tahun memeberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat dengan komitmen memberikan pelayanan prima berkualitas tertinggi serta tehnologi kedokteran mutahir yang dapat terjangkau oleh masyarakat. Sebagai rasa syukur dalam mengabdi kepada masyarakat di bidang kesehatan, milad 2018 bertemakan “Menjadikan RS Islam Jakarta Pondok Kopi Berkualitas Sejahtera dan Berkemajuan”.

Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, RS Islam Jakarta Pondok Kopi membuka layanan baru dan peralatan baru seperti :

$    Multi Slice Computed Tomography (MSCT) dengan keunggulan untuk menghasilkan informasi dan memberikan gambaran diagnostik yang lebih baik, terutama untuk pemeriksaan organ bergerak termasuk jantung, dengan kecepatan pemeriksaan yang cukup singkat dan menghasilkan gambar dengan resolusi yang baik dan lebih akurat.Adapun jenis pemeriksaan meliputi CT Scan Kepala, Sinus, Mastoid, Leher , Thorax, Abdomen/Pelvis, Ekstremitas Atas dan Bawah serta pemeriksaan khusus yang membutuhkan kontras baik untuk melihat kelainan berupa Tumor ataupun kelainan pada pembuluh darah, sehingga informasi-informasi kritis yang dibutuhkan oleh dokter cepat didapatkan.

$    

      Sistem Pendaftaran Online RS Islam (Siporsi), yaitu suatu aplikasi reservasi pendaftaran rawat jalandi RS Islam jakarta Pondok Kopi, yang memberikan kemudahan kepada pasien dan keluarga untuk melakukan reservasi pendaftaran rawat jalan. Aplikasi SIPORSI dapat diakses melalui website www.reservasi.rumahsakitislam.com atau diunduh melalui playstore dengan reservasirsislam.

         

        New Sistem Informasi Rumah Sakit Flex-HIS, suatu sistem informasi rumah sakit komprehensif yang mencakup semua aspek pengelolaan administratif dan klinis.

     

       Layanan Gigi Estetika yang dapat meningkatkanpenampilan dan kepercayaan diri mellaui pengembalikan fungsi normal gigi (mengunyah dan berbicara), memperbaiki profil wajah agar tampil lebih menawan dan semakin percaya diri. Perawatan ini dapat dilakukan pada anak-anak maupun orang dewasa (priaIwanita).

Klinik Kedokteran Kerja, merupakan pelayanan kedokteran yang berfokus pada kesehatan pekerja, meliputi pelayanan individu (pekerja) maupun pelayanan terhadap komunitas pekerja. Jenis layanan yang diberikan yaitu Konsultasi dan penegakkan diagnosis Penyakit Akibat Kerja (PAK), Penilaian kelaikan kerja (fit to work), Penilaian kembali kerja (return to work), Penilaian kecacatan, Konsultasi dan analisis hasil Medical Check Up (MCU), Identifikasi bahaya potensial kesehatan (Walk Through Survey/ Health Risk Assessment) di tempat kerja.

 Klinik Alergi Imunologi Anak, melayani konsultasi alergi, uji kulit/skin prick test, pemeriksaan IgE Atopi/IgE rast spesifik, mengukur fungsi paru dengan spirometri, dan inhalasi.

Medical check up (MCU) lantai 2 gedung Ahmad Dahlan, didukung oleh dokter spesialis kedokteran Okupasi dan dokter spesialis lainnya, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan baik massal maupun perorangan dengan paket pilihan yaitu paket MCU menyeluruh s.d standar kesehatan jantung intensif dan dasar, paket MCU seleksi pegawai/calon pegawai, paket MCU Pra Nikah, paket pemeriksaan untuk sekolah atau mahasiswa seperti pembuatan surat keterangan sehat dan bebas narkoba.

Milad 32 RS Islam Jakarta Pondok Kopi juga di meriahkan dengan dengan berbagai kegiatan diantaranya Olah Raga (lomba antar unit kerja seperti bola volley, tenis meja, danfutsal), Bakti Sosial bekerja sama dengan PMI yaitu donor darah, kegiatan yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar lingkungan RS Islam Jakarta seperti lomba Masjid Go Green, dan khitanan Massal, kegiatan seminar medis dan seminar awam, serta untuk mengembangkan kreatifitas pegawai diadakan lomba video kreatifitas antar unit kerja.

Kami mohon doa restu dan dukungan moril dari semuanya, manajemen RS Islam Jakarta Pondok Kopi, masyarakat dan peran media, sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan untuk mewujudkan RS Islami yang unggul.

Contact Person :

1.ETTY SUHARTI,SE, Manajer Pemasaran , HP , 0818142112

2.ROZIKOH, AMK , Ka.ur HUMAS , HP . 08159972942

Jl. Raya Pondok Kopi, Jakarta Timur 13460

Telpon: 021 8610471 , 8630654 ext 1319 , 1309

 

MILAD32RSIJPK10

Indikator Mutu Area Klinis RS Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2018

Peningkatan mutu dan pengembangan rumah sakit adalah komitmen yang harus tetap dijaga melalui monitoring dan evaluasi dari indicator mutu rumah sakit . Indikator mutu rumah sakit adalah ukuran kuantitatif yang diukur untuk lebih memahami mutu pelayanan di rumah sakit.

Indikator dirancang dengan seksama dengan mempertimbangkan dimensi mutu yang ingin diukur, cara pengumpulan data, dan strategi analisisnya guna mendapatkan kualitas pelayanan yang bermutu. Indikator mutu dirancang untuk dapat melakukan efesiensi dalam summber daya , mendapatkan yang hasil lebih akurat serta pengambilan keputusan di tingkat sistem mikro maupun sistem makro yang lebih strategis. Berikut beberapa indikator yang dinilai adalah Indikator area manajemen (IAM) , Indikator area Klinis ( IAK ) pada tahun 2018 sbb :

1.    Angka Kejadian Infeksi Aliran Darah di ruangan SCN / NICU

Salah satu pencapaian untuk indicator area klinis di RS Islam Jakarta Pondok Kopi adalah tidak ditemukannya angka kejadian infeksi aliran darah di ruangan pelayanan SCN dan NICU pada tahun 2018. Kualitas pengendalian infeksi dan perawatan pada bayi yang baik mendukung tercptanya kualitas perawatan bayi yang diindikasikan dengan tidak ditemukannya angka kejadian infeksi aliran darah

grafik 1

 

Grafik 1. Monitor Pencapaian angka kejadian Infeksi Aliran Darah di Ruang SCN/NICU

2.    Inisiasi Menyusui Dini

Indikator area klinis lainnya yang dimonitoring adalah kepatuhan penerapan inisiasi menyusui dini kepada bayi baru lahir dengan pencapaian tahun 2018 meningkat . Angka kepatuhan tahun 2018 adalah 100 % yang menunjukkan komitment bagi petugas , ibu dan bayi sangat tinggi untuk melakukan kepatuhan terhadap inisiasi menyusui dini .Berdasarkan data pembanding dengan RS SWASTA lain dengan rata pencapaian 95 %, pencapaian IMD di RSIslam Jakarta Pondok Kopi lebih baik .

grafik 2

Grafik 2. Angka kepatuhan penerapan Insiasi Menyusui Dini Pada BBLR tahun 2018.

3.    Kepatuhan Perawatan Metode Kangguru

Selain itu untuk perawatan bayi juga di monitoring indicator pelayanan untuk perawatan metode Kangguru dengan angka kepatuhan sebesar 87,8 % yang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2017 .

grafik 3

 

Grafik 3. Trend kepatuhan melaksanakan PMK pada BBLR

4.    Ketidakpatuhan Pelaporan Nilai Kritis

Indikator area klinis lainnya adalah monitoring terhadap ketidakpatuhan pelaporan nilai kritis laboratorium dimana pasa tahun 2018 angka ketidakpatuhan adalah tidak ada yang berarti semua petugas telah melaporkan nilai kritis yang ditemukan sesuai prosedur pelayanan .

grafik 4

 

Grafik 4. Angka ketidakpatuhan Pelaporan hasil kritis laboratorium

Selain keempat indicator diatas masih terdapat Indicator yang di monitoring secara berkala sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab kualitas mutu pelayanan kesehatan.

Selamat Hari Paru Sedunia

nali sedini mungkin Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Paru-Paru. Penyakit Paru-Paru adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan.

Penyakit paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau parasit. Penyakit paru-paru dapat juga disebabkan oleh dampak dari zat-zat kimia atau cedera fisik pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan konsumsi alkohol.

Deteksi Atau Ciri Awal Gejala Penyakit Paru-paru:

1. Pernapasan cepat dangkal dan kadang-kadang terdengar suara berdengik.
2. Batuk berdahak pada orang dewasa sering kali disertai dengan lendir yang berwarna kehijauan atau sedikit berdarah.sedangkan pada bayi tidak selalu di sertai batuk.
3. Tanda lainya rasa sakit pada dada, rasa nyeri pada saat menghirup napas, dan penderita tanpak sakit berat.

 

Page 1 of 2