T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

3 Tanda Awal Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang sering menyerang wanita. Penyebab kanker serviks awalnya tidak diketahui. Namun sekitar 150 tahun yang lalu ditemukan bahwa kaum biarawati jarang menderita kanker serviks. Sejak saat itu, berkembang berbagai teori yang menjelaskan penyebab kanker serviks. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang dapat dicegah .

Apa penyebab kanker serviks?

Kanker serviks berkaitan dengan infeksihuman papilloma virus(HPV). Infeksi HPV dapat menyebabkan perubahan struktur gen yang menyebabkan pertumbuhan abnormal dari jaringan serviks. Sayangnya, jaringan yang tumbuh adalah jaringan abnormal yang rapuh. Jaringan rapuh ini mudah berdarah dan menyebabkan perdarahan dari vagina.

 Infeksi HPV umumnya ditularkan melalui jalur seksual. MWalaupun infeksi HPV dapat ditularkan melalui rute non-seksual, sebagian besar transmisi HPV terjadi melalui kontak seksual. Terdapat banyak jenis tipe HPV, namun yang paling erat dihubungkan dengan kanker serviks adalah HPV tipe 16 dan 18.

Jadi apa saja gejala awal dari kanker serviks?

Umumya gejala kanker serviks tidaklah spesifik. Namun terdapat beberapa gejala dialami oleh penderita kanker serviks. Tanda awal yang dapat dialami penderita kanker serviks kadang sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan yang normal. Tanda klasik dari kanker serviks adalah perdarahan pasca berhubungan. Selain itu, terdapat beberapa gejala lain dari kanker serviks, seperti:

  • Keputihan yang lama.
  • Gangguan buang air kecil seperti nyeri buang air kecil, buang air kecil berdarah jika kanker sudah menyebar ke saluran kencing
  • Gangguan buang air besar, jika kanker sudah menyebar ke saluran pencernaan.

Bagaimana pencegahan kanker serviks?

Terdapat beberapa cara untuk mencegah kanker serviks. Hindarilah berhubungan seksual dengan banyak partner. Vaksinasi HPV sudah tersedia dan dianjurkan bagi wanita usia reproduksi sebelum behubungan seksual. Selain itu, datanglah ke pelayanan kesehatan terdekat untuk melakukan skrining kanker serviks, yaitu tes pap smear. Tes ini dapat mendeteksi kanker serviks pada tahap awal.

 

*Sumber  klikdokter.com

Manfaat Olahraga Bagi Penderita Stroke

Olahraga secara teratur dan sesuai dengan kondisi fisik telah terbukti membantu banyak orang menjadi lebih sehat serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berbagai macam masalah kesehatan dapat diatasi dengan melakukan olahraga secara teratur.

Stroke akibat sumbatan pembuluh darah yang menuju otak kini makin sering dialami, bahkan pada orang yang masih tergolong muda. Padahal, penyakit ini bisa dicegah, salah satunya dengan rutin berolahraga. Beberapa waktu lalu ada penelitian yang menyebutkan manfaat olahraga jalan kaki dalam mencegah risiko stroke pada kaum wanita. Namun ternyata olahraga rutin juga dapat mengurangi risiko stroke pada pria maupun wanita yang berusia lebih 45 tahun.

Studi menunjukkan, olahraga mengurangi risiko stroke dengan cara memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat dapat menurunkan faktor risiko seperti hipertensi dan obesitas. Olahraga dapat mencegah tekanan darah tinggi dan diabetes, yang merupakan faktor risiko stroke.

Olahraga merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan stroke. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menyebutkan bahwa gerak badan dan olahraga lebih ampuh mencegah kematian penderita dibandingkan resep obat. Meskipun demikian, tidak berarti penderita stroke dapat langsung berhenti dari minum obat-obatan, tapi tetap harus konsultasi dengan dokternya terlebih dahulu.

Berikut jenis olahraga yang baik dan dianjurkan untuk penderita stroke:

Olahraga berjalan kaki merupakan cara termurah dan termudah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, yang bila dilakukan secara rutin sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan penderita stroke baik dari segi fisik, mobilitas, dan juga kualitas hidupnya. Pada studi yang melibatkan 128 penderita stroke di Jamaika tersebut membuktikan bahwa latihan berjalan kaki secara rutin selama tiga minggu dapat meningkatkan kualitas pasien, dari mulai meningkatnya kesehatan fisik, daya tahan tubuh lebih bagus, dan denyut jantung lebih baik, selain itu, berjalan kaki sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan, dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Latihan di air dinilai sangat membantu penderita stroke. Hal itu terjadi karena pengaruh daya apung air yang membuat tubuh lebih ringan dibandingkan ketika berjalan di darat  yang lebih berat akibat gaya tarik gravitasi bumi. Renang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita stroke, yakni dengan cara merangsang sel-sel sensorik dan otak, serta menguatkan ketahanan otot.

Latihan bisa dimulai dengan menggerakkan tangan, kaki, kemudian seluruh anggota badan. Dengan melakukan terapi latihan air secara rutin, maka penderita akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain : sirkulasi darah lancar, oksigenasi otak meningkat, daya kerja otot meningkat, mengurangi otot kaku, memberi efek relaksasi, dan meningkatkan kemampuan gerak penderita.

Selain baik untuk mencegah stroke, senam aerobik juga membantu kesehatan dan kebugaran penderita stroke. Latihan senam aerobik secara rutin dapat meningkatkan pasokan oksigen, menguatkan otot tubuh, serta menambah kelenturan. Aerobik yang cocok bagi penderita stroke adalah low impact, misalnya : senam lansia, senam pernafasan, senam stroke, senam lantai, dan lain sebagainya.

Sehat dan Bugar Semasa Hamil

Kehamilan merupakan suatu anugerah bagi setiap pasangan yang mendambakan keturunan, karena tidak setiap wanita bisa hamil dengan mudah. Karena anugerah itulah maka sudah selayaknya pasangan yang mendapatkannya selalu melakukan hal-hal yang terbaik untuk kesehatan ibu dan calon bayi. Berbagai mitos dan fakta beredar dikalangan masyarakat terkait kesehatan bagi ibu dan calon bayi, mulai dari makanan atau minuman yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi, kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, dan lain sebagainya.

Daripada ibu hamil jadi menderita  karena tak boleh makan ini dan itu, sebaiknya berfokus saja pada makanan yang sehat yang harus dikonsumsinya. Selalu memilih sayuran dan buah-buahan segar berwarna-warni untuk mendapat asupan berbagai vitamin, mineral serta serat. Untuk protein dan kalsium, sebaiknya pilih produk-produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak dan ikan sebagai sumber protein, zat besi dan asam lemak omega-3.

Ibu hamil dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun sering untuk mencegah rasa lapar yang akhirnya akan membuatIbu hamil makan dalam porsi besar. Makan sering dalam porsi kecil juga akan mengurangi keinginan ngemil biskuit, coklat, es krim dan kue-kue yang seharusnya dijauhi. 

Konsumsi air putih sesuai anjuran yaitu 2 liter perhari juga suatu keharusan bagi Ibu hamil, karena Ibu hamil butuh lebih banyak asupan cairan, dan bagi Ibu hamil yang sudah kelebihan berat badan, air putih adalah pilihan terbaik dibanding aneka minuman kemasan yang biasanya mengandung banyak gula. Singkirkan juga berbagai camilan manis, minuman manis dan kue-kue yang mengandung banyak gula dari jangkauan Ibu hamil. 

Bila Ibu hamil tidak pernah berolahraga sebelum hamil, sebaiknya tidak usah memulainya saat sedang hamil. Meski demikian, cobalah untuk lebih aktif , misalnya dengan melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Tak perlu langsung 30 menit, kegiatan ini bisa dimulai dengan jalan kaki selama 10 menit tiap sore misalnya, lalu perlahan-lahan tambah durasinya. Boleh juga membaginya menjadi dua sesi, 15 menit jalan kaki di pagi hari dan 15 menit lagi di sore hari.

Selalu sehat dan bugar  merupakan hal penting bagi Ibu yang sedang berada dalam masa kehamilan, sebagai salah satu jalan untuk memiliki bayi dan Ibu yang sehat selama masa kehamilan, saat proses kelahiran, dan disaat proses tumbuh kembang bayi nantinya. 

Bahaya Penggunaan Narkoba

Kata narkotik berasal dari bahasa Inggris, yaitu narcotics yang berarti obat bius. Secara umum narkotik berarti suatu zat yang dapat menimbulkan perubahan perasaan, suasana penglihatan, dan pengamatan, karena zat-zat tersebut mempengaruhi susunan syaraf pusat pemakainya.

Berdasarkan efek yang ditimbulkan terhadap pemakainya, narkoba dikelompokkan sebagai berikut:

  • Halusinogen yaitu efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu. Contohnya kokain & LSD.
  • Stimulan, yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya sehingga mengakibatkan penggunanya lebih bertenaga serta cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.
  • Depresan, yaitu efek dari narkoba yang bisa menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh, sehingga pemakai merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri. Contohnya putaw.
  • Adiktif, yaitu efek dari narkoba yang menimbulkan kecanduan. Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif, karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak. Contohnya: ganja, heroin, dan putaw.
  • Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya mengakibatkan kematian.

 Bahaya narkoba terhadap fisik

  • Gangguan pada system syaraf
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh  darah
  • Gangguan pada kulit
  • Gangguan pada paru-paru
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan  muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati, dan insomnia
  • Gangguan terhadap kesehatan reproduksi yaitu gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  • Gangguan terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe /tidak haid
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya  adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV
  • Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian

Bahaya narkoba terhadap psikologi

  • Kerja lamban dan ceroboh, sering tegang dan gelisah
  • Hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
  • Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
  • Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal, dan tertekan
  • Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

Bahaya narkoba terhadap lingkungan sosial

  • Gangguan mental
  • Anti-sosial dan asusila
  • Dikucilkan oleh lingkungan
  • Merepotkan dan menjadi beban keluarga
  • Pendidikan menjadi terganggu dan masa depan suram
Page 1 of 2