T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Radiologi

Unit radiologi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi dilengkapi dengan peralatan radio diagnostic yang berguna untuk membantu menegakkan diagnosa pasien . Dilengkapi dengan 2 pesawat rontgen ,  1 pesawat rotgent panoramic serta CT Scan Hellical yang digunakan untuk mendiagnosis suatu kelainan organ tubuh .

Peralatan dan pemeriksaan radiologi yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Diagnostic X – Rays ( Rontgent), Pemeriksaan rotgent secara menyeluruh untuk  tubuh dari bagian kepala , dada , tulang belakang , daerah ektermitas (anggota gerak tangan & kaki) serta daerah perut .
  2. Pemeriksaan rontgrnt dengan  Zat Contras seperti Oesophagus , colon in loop , COR analisa Pyelografi, uretrografi, OMD, Apendicogram , HSG dll. 
  3. CT – SCAN , Pemeriksaan CT-SCAN baik dengan menggunakan kontras atau tanpa kontras seperti CT-Scan kepala , CT Scan Abdomen , CT Scan tulang belakang , dll.
  4. Panoramic & Chephalografi, Merupakan rotgent khusus daerah  wajah untuk mengtahui kelainan tulang rahang beserta struktur pendukungnya, mengetahui deformitas tulang rahan atas dan mandibula , mengetahui batas tulang rahang atas dan batas sinus rahang atas dan atau batas tulang hidung , mengetahui titik wajah secara geometrical , mengetahi deformitas karena kelainan tulang.  
  5. C-ARM , merupakan alat C-Arm atau Image Intensifier dengan X-ray yang bersifat bergerak dan berukuran kecil, sehingga dapat digunakan di kamar operasi.  Penggunaan C-Arm banyak di ruangan oparasi yang membantu Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dalam menentukan level kelainan dan pemasangan implant pada saat operasi. Keunggulan alat ini antara lain waktu operasi yang cepat , ketepatan dalam menentukan diagnosa , kualitas gambar jaringan yang baik serta pergerakan alat yang fleksibel.  

Waktu pelayanan

Pemeriksaan rotgent dan CT SCAN buka 24 jam setiap hari, baik untuk pasien rawat inap, rawat jalan maupun pemeriksaan rujukan dari dokter di luar rumah sakit Islam.

Cara mendapatkan pelayanan :  Pemeriksaan rotgent atau CT Scan dilakukan berdasarkan surat permintaan pemeriksaan rotgent dari dokter melalui FORMULIR ROTGENT atau SURAT RUJUKAN .

Persiapan  dan Hasil  Pemeriksaan

Beberapa pemeriksaan membutuhkan persiapan khusus seperti puasa, pembersihan saluran cerna, banyak minum dll, untuk itu perhatikan dengan seksama penjelasan petugas radiologi  sebelum pemeriksaan dilakukan, dengan hasil pemeriksaan akan keluar dalam 20 – 60 menit tergantung jenis pemeriksaan.

Tim Dokter Spesialis Radiologi

1.   Dr.Suginem Mujiantoro,SpR

2.   Dr.R.Suryo Seto , SpR

3.   Dr. Suhermi,SpR