T  : 021 8630654 Pendaftaran 021-29809001 / 29809002

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Vaksin meningitis menjadi hal yang wajib dilakukan bagi mereka yang hendak keluar negeri. Bukan tanpa alasan, meningitis ini sendiri merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit satu ini dipicu oleh bakteri, mikroorganisme dan virus. Suntik meningitis ini sendiri bisa meminimalisir resiko terjangkitnya Anda oleh berbagai penyakit tersebut.

Perlu diketahui, penyakit meningitis ini merupakan kondisi dimana meninges Anda mengalami peradangan. Meninges ini adalah tiga buah selaput yang melindungi sumsum tulang belakang dan sistem saraf di otak Anda. Kondisi meningitis ini sendiri terjadi ketika cairan yang ada di dalam meninges mengalami infeksi.

Penyebab meningitis ini sendiri kebanyakan dipicu oleh infeksi jamur, bakteri dan virus. Pada beberapa kasus, penyakit meningitis ini bisa merenggut nyawa penderitanya. Akan tetapi, ada juga beberapa penderita yang mengalami kesembuhan tanpa pengobatan sekalipun. Inilah yang menjadi alasan kenapa vaksin meningitis sangat penting untuk Anda.

Berbagai Manfaat dari Vaksinasi Meningitis

Seperti sudah kita bahas pada paragraf sebelumnya, manfaat utama dari suntik meningitis ini adalah menghindarkan Anda dari resiko penyakit meningitis yang sangat berbahaya. Akan tetapi, ada juga manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari jenis vaksinasi satu ini. Salah satunya adalah jenis vaksin konjugat meningokokus. Jenis kandungan vaksin satu ini bisa  melindungi Anda dari resiko terjangkit bekteri meningokokus yang bertipe Y, W, C, dan A.

Selain itu, vaksin meningitis juga menghindarkan Anda dari resiko bakteri meningokokus tipe lima karena di dalamnya ada kandungan meningokokus B atau MenB. Hanya saja jenis vaksin satu ini ditujukan untuk kondisi tertentu saja. Tidak semua orang membutuhkannya. Selain hal tersebut, ternyata vaksinasi meningitis ini berdampak sangat positif bagi remaja dan anak anak yang mengalami kelainan sistem imun pada tubuhnya.

Dua Jenis Vaksin Meningitis yang Harus Anda Ketahui

Sejauh ini diketahui hanya ada dua jenis vaksinasi meningitis yang ada di dunia ini. Jenis yang pertama adalah MenACWY yang merupakan kombinasi dari kandungan vaksin konjungat dan meningokokus. Sedangkan jenis kedua adalah MPSV4 yang terdiri atas vaksin polisakarida dan meningokokus.

Kedua jenis vaksin ini bisa melindungi tubuh Anda dari berbagai jenis penyakit meningitis. Untuk jenis MenACWY biasanya dipergunakan bagi mereka yang masih berusia 11 tahun hingga 18 tahun. Namun jenis vaksin satu ini direkomendasikan juga untuk diberikan pada mereka yang berusia 2 hingga 55 tahun dalam kondisi tertentu.

Jenis vaksin meningitis yang kedua adalah MPSV4. Jenis vaksin satu ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kelainan kesehatan khusus. Seringkali juga diberikan pada mereka yang sudah berusia 55 tahun atau lebih. Namun dalam kondisi darurat, kedua jenis vaksin ini bisa disubstitusikan antara yang satu dengan yang lainnya.

Vaksin meningitis ini sendiri biasanya diperuntukkan bagi mereka yang hendak bepergian ke luar negeri. Terlebih jika negara tujuan Anda adalah negara endemik meningitis itu sendiri. Bagi calon jemaah haji, suntik meningitis ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Bahkan pemerintah sudah menjadikannya sebagai salah satu persyaratan utama keberangkatan.

Siapa Saja yang Harus Mendapatkan Suntik Meningitis?

Berdasarkan aturan yang sudah diterapkan oleh pakar kesehatan, ada beberapa kondisi yang mewajibkan seseorang untuk mendapatkan suntik meningitis. Pertama adalah saat hendak berkunjung ke luar negeri dan negeri tersebut menjadi salah satu endemik meningitis. Kondisi selanjutnya yang mewajibkan vaksin meningitis adalah mereka yang terkena virus HIV atau AIDS.

Tidak hanya itu saja, para pasien yang mendapatkan kerusakan pada orgn limpa juga berhak mendapatkan vaksinasi satu ini. Disusul kemudian oleh mereka yang memiliki masalah dengan sistem imun dalam tubuhnya. Anak anak menjadi yang terakhir dan berhak mendapatkan suntik meningitis agar kekebalan tubuh mereka terhadap jenis penyakit satu ini semakin kuat.

Sebagaimana vaksinasi pada umumnya, vaksin satu ini juga memiliki efek samping. Dampak yang seringkali muncul adalah demam, serta bengkak merah pada titik vaksinasi. Pada beberapa penderita, ada juga yang mengalami pusing, lemas, hingga masalah yang berkaitan dengan pernafasan. Resiko memang selalu ada, tetapi jangan takut mencoba karena manfaat yang bisa didapatkan dari vaksin meningitis ini jauh lebih besar.

whatsapp-png-image-9