T  : 021- 29809000 , 021 8630654

F  : 021 - 8611101 , 021 – 86104256 

E  : rsijpk@rsijpondokkopi.co.id 

Waktu Pemberian ASI & Cara Menyusui Bayi

WAKTU PEMBERIAN ASI

  • 0-6 bulan :ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan
  • 6-12 bulan :ASI memenuhi 60-70% kebutuhan, perlu makanan pendamping ASI yang adekuat
  • >12 bulan : ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan, ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya

TIPS CARA MENYUSUI  BAYI ( ASI )

1. Posisi Tubuh Anda , Mengubah seluruh tubuh bayi Anda ke arah Anda, yaitu dada anda dan dada bayi. Mulut bayi harus mencakup areola bukan hanya putting.

2. Hindari Panik ketika bayi anda butuh adaptasi , Menyusui membutuhkan kesabaran dan banyak latihan. Bila perlu konsultasi dengan bidan atau konselor Laktasi.

3. Saat Kondisi bayi premature ,, Jika Anda memiliki bayi prematur, Anda mungkin tidak dapat menyusui langsung, tetapi Anda harus mulai memompa ASI Anda. Bayi Anda akan menerima susu ini melalui tabung atau botol sampai dia cukup kuat untuk dapat menysus sendiri .

4 . Kondisi ibu sakit ketika bayi menyusu ,, Jika latch-on sakit, terisap lagi dengan memasukkan jari kelingking Anda di antara gusi bayi dan payudara Anda, cobalah berulang kali. Setelah bayi Anda terposisikan dengan benar, dia akan melakukan proses laktasi yang membuat anda dan bayi nyaman.

5. Waktu memberikan ASI ,,, Menurut pedoman dari American Academy of Pediatrics (AAP), daripada menyusui sesuai dengan jadwal yang kaku, Anda harus memberikan ASI pada bayi setiap kali dia menunjukkan tanda-tanda ingin menyusu .

6. Membangunkan bayi hari pertama diberikan ASI ,, Untuk menjaga dirinya terjaga selama menyusui dan juga untuk memastikan makan bayi Anda cukup sering, membangunkannya jika sudah empat jam sekali untuk memberikan ASI.

7. Posisi Nyaman Menyusui di Hari Pertama,, Karena menyusui dapat berlangsung hingga 40 menit, terutama di hari hari pertama kelahiran bayi, anda dapat memilih tempat yang nyaman untuk menyusui.

8. Kosumsi Makanan yang Seimbang untuk melancarkan ASI ,, Kosumsi diit seimbang akan memastikan bahwa kualitas dan kuantitas susu .